INGIN TAHU TENTANG SUMSEL DAN INDONESIA BACA PALEMBANG POS ONLINE.....
TERIMA KASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI BLOK INI. LANJUTKAN....

Minggu, 08 Januari 2012

Luapan Sungai Puntang dan Selingsing Lumpuhkan 5 Desa.

Minggu, 08 Januari 2012 |
Luapan sungai Selinsing dan Puntang membuat aktifitas warga lumpuh.

Lahat, Palembang Pos,–
Bukan saja luapan Sungai Milang mengancam 9 desa di Kecamatan Merapi Selatan. Juga luapan Sungai Puntang dan Selingsing melumpuhkan aktifitas warga lima desa. Pasalnya, akses keluar daerah 5 desa ini berupa jembatan dan jalan penghubung, tenggelam digenang luapan sungai.

Masing-masing dessa itu Makartitama, Ulak Mas dan Giri Mulya, Kecamatan Kota Lahat dan Desa Karang Rejo dan Purwasari, Kecamatan Merapi Barat. 

Kades Makartitama, Suparyanto mengatakan, hujan yang turun sejak Jumat (6/1) hingga Minggu (8/1), menjadi penyebab dua sungai yang berdekatan ini meluap pada dua titik. 

Padahal warga lima desa yang berbatasan langsung ini, hanya mengandalkan akses jembatan Sungai Puntang untuk menuju Kota Lahat, dengan jarak tempuh 11 kilometer.

“Dua titik ini memang langganan banjir, tapi ini yang paling besar. Warga dari lima desa ini sama sekali tidak bisa keluar. Puncaknya sekitar pukul 10.00 kemarin (Sabtu, red), mulai menyurut sekitar pukul 14.00. Dua sungai ini sangat dekat, sehingga kalau satu meluap, satunya lagi ikut meluap,” jelas Suparyanto, kemarin.

Menurut Suparyanto, penyabab dua titik langganan banjir di Sungai Selinsing dan Puntang ini, adalah rendanya kawasan tersebut. Sehingga upaya yang dapat dilakukan dengan meninggikan badan jalan dan membuat talut kanan kiri jembatan. Sehingga air tidak lagi menggenangi 100 meter kanan kiri jalan. 

“Kami sangat kesulitan keluar kalau hujan deras turun lebih dari tiga jam. Tentu saja ada solusinya kalau instansi terkait ingin memparhatikan masalah kami ini,” pungkasnya. (cr05)


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Mang Juhai di Facebook

Perlu Anda Tahu

MOTIVASI DBS

  • "Allah SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum, sampai kaum tersebut merubah nasibnya sendiri"
  • "Orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal, tetapi orang sukses adalah orang yang paling banyak gagal namun terus bangkit dari kegagalan sehingga menjadi ahli dibidangnya"
  • "Hadapi, hayati & nikmatilah perjuangan Anda, karena sesudah kesulitan ada banyak kemudahan"
  • "Orang sukses jauh dari keluh kesah, malu, minder & putus asa!"
  • MERDEKA & GO FREEDOM!!!
  •  
    Copyright © PALEMBANG NEWS | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog